Hakekat Teknologi Pendidikan secara Etimologi
Pengertian
Pendidikan
Pendidikan, seperti sifat sasarannya yaitu manusia,
mengandung banyak aspek dan sifatnya sangat kompleks. Karena sifatnya yang kompleks
itu, maka tidak ada
sebuah batasan pun yang cukup memadai untuk menjelaskan arti pendidikan. Pengertian
pendidikan berdasarkan batasan pendidikan ditinjau dari fungsinya :
1.
Pendidikan sebagai proses Transformasi
Budaya
Sebagai proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi lain
Sebagai proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi lain
2.
Pendidikan sebagai proses pembentukan
pribadi
Pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagai suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah pada terbentuknya kepribadian peserta didik.
Pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagai suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah pada terbentuknya kepribadian peserta didik.
3.
Pendidikan sebagai proses menyiapkan
warga negara
Pendidikan sebagai proses menyiapkan warga negara diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga Negara yang baik.
Pendidikan sebagai proses menyiapkan warga negara diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga Negara yang baik.
4.
Pendidikan sebagai penyiapan tenaga
kerja
Pendidikan sebagai penyiapan tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasar untuk bekerja.
Pendidikan sebagai penyiapan tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasar untuk bekerja.
Secara umum, pendidikan diartikan
sebagai upaya mengembangkan kualitas pribadi manusia dan membangun karakter
bangsa yang dilandasi nilai-nilai agama, filsafat, psikologi, social budaya dan
ipteks yang bermuara pada pembentukan pribadi manusia bermoral dan berakhlak
mulia serta berbudi luhur.
Pengertian Pendidikan bermacam-macam
antara lain menurut beberapa ahli dan sumber :
1. Diana Revitch
Pendidikan adalah usaha
atau upaya yang penuh pertimbangan, sistematis dan berkelanjutan untuk
membangkitkan, mendorong, memotivasi dan memperoleh pengetahuan, sikap, ketrampilan,
sensibilitas, emosional, serta intelektual.
2. UU RI No 4 Tahun 1950,
yang pelaksanaanya pada tahun 1954.
Pendidikan adalah membentuk manusia yang cakap.
Pendidikan adalah membentuk manusia yang cakap.
3. UU RI No 2 Tahun 1989
Tentang Sisdiknas
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
4. UU RI No 20 tahun 2003
Tentang Sisdiknas
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
5. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia , (2001) makna pendidik secara etimology adalah
orang yang mendidik, sedangkan makna pendidik secara terminology adalah
memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntutan, pimpinan mengenai akhlak dan
kecerdasan pikiran, dan makna pendidik secara sociology adalah orang yang mampu
berkomunikasi baik lisan, tulisan atau isyarat secara efektif kepada peserta
didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua, serta masyarakat
sekitarnya.
6. Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak
dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan
dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar
kebudayaan melewati generasi.
7. Menurut Juhn Dewey,
pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin
akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang
muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk
menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan
perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana diahidup
8. Menurut H. Horne,
pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih
tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang
bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar
intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
9. Menurut Frederick J. Mc Donald,
pendidkan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat
(behavior) manusia. Yang dimaksud dengan behavior adalah setiap tanggapan atau
perbuatan seseorang, sesuatu yang dilakukan oleh sesorang.
10. Menurut M.J. Langeveld,
pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang
terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu
keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.
Berdasarkan pengertian diatas dapat kita
simpulkan, pendidikan adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar untuk
menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Comments